Mengomentari Blog Dengan Cara Yang Baik dan Benar

Mengomentari Blog Mengomentari blog adalah kegiatan yang wajib saat melakukan blogwalking. Saat memberikan komentar ada hal-hal yang dilarang untuk dilakukan. Selain merugikan pemilik blog juga merugikan penulis komentarnya.

Oleh karena itu untuk menulis komentar di blog harus dilakukan dengan niat dan bermanfaat. Untuk itu disini saya akan membantu kamu memahami bagaimanan memberikan komentar yang baik dan bagus.

 

Apa itu Mengomentari Blog ?

Mengomentari blog adalah suatu diskusi yang bertujuan untuk membangun blog menjadi lebih baik, dan memberikan apresiasi kepada penulis atas usahanya membuat sebuah artikel.

Sebelum kamu mengomentari blog pastilah kamu melakukan blogwalking, yaitu jalan-jalan ke dunia internet. Kemudian barulah ketika kamu menemukan artikel yang dicari, kamu membaca tulisan yang ada di dalamanya.

Untuk mengetahui manfaat blogwalking untuk seorang blogger.
Kamu bisa baca : Manfaat Blogwalking

Terkadang kamu memiliki pertanyaan yang masih belum dimengerti dalam tulisan itu. Atau kamu merasa senang saat membaca tulisan itu karena kamu mendapatkan pengetahuan baru. Saat itulah waktu terbaik untuk memberikan pendapat kamu di kolom komentar.

Dalam dunia blogging ada dua (2) jenis komentar yang biasa diberikan komentator :

  1. Komentar Baik
  2. Komentar Buruk (Spam)

Komentar Baik

Yang dimaksud dengan komentar baik adalah komentar yang relevan, dilakukan dengan niat. Ada berbagai macam bentuk komentar baik, yaitu :

  1. Berupa Pujian
    Pujian adalah bentuk apresiasi pembaca untuk penulis. Oleh karena itu komentar dalam bentuk pujian juga sangat penting dilakukan. Karena penulis akan merasa tulisannya bermanfaat sehingga semakin bersemangat untuk selalu menulis.
  2. Berupa Pendapat
    Terkadang dalam sebuah tulisan penulis menuangkan pemikirannya. Oleh karena itu tidak semua tulisan dari penulis bisa di terima pembaca. Pendapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :

    1. Pendapat yang sama
      Saat penulis menuangkan pemikirannya, terkadang juga ada banyak orang yang memiliki pemikiran yang sama, sehingga di tulis di dalam kolom komentar untuk meyakinkan pembaca lainnya bahwa pemikrian dari penulis itu bisa dipercaya.
    2. Pendapat yang berbeda
      Saat pemikiran penulis dituangkan kedalam tulisan, ada juga banyak pembaca yang tidak sepakat dengan pemikiran penulis. Sehingga sangat baik untuk di ungkapkan di kolom komentar sebagai bentuk diskusi.
  3. Berupa Pertanyaan
    Penjelasan atau bahasa yang digunakan penulis terkadang susah untuk dimengerti atau tidak semua orang mengerti apa yang di maksudkan penulis. Untuk itu sebagai penjelas dari yang tidak dimengerti pertanyaan ditulis di dalam kolom komentar.

Komentar Buruk (Spam)

Yang dimaksud dengan komentar buruk (spam) adalah komentar yang merugikan pemilik blog. Ada berbagai macam bentuk komentar buruk (spam), yaitu :

  1. Kata-kata Buruk
    Meskipun kata-kata yang digunakan bermaksud baik, seperti “thanks infonya” dan “good artikel”. Tapi itu berpengaruh buruk untuk blog. Karena hanya mengisi kolom komentar dengan kalimat yang tidak bermanfaat.
  2. Menyinggung SARA (Suku, Agama dan Ras)
    Bahkan di dunia nyata menyinggu Suku, Agama, dan Ras adalah hal yang tabu (dilarang).
  3. Menyebarkan Link
    Menyebar link dengan niat yang tidak baik hanya di anggap sebagai spam, karena tujuan utama mengomentari blog hanya bermaksud promosi atau memasang Backlink.

 

Menulis Komentar yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui mana komentar yang baik dan komentar yang buruk, kamu bisa mengomentari blog dengan lebih baik. Tetapi untuk lebih memahami bagaimana mengomentari sebuah artikel atau konten dengan baik, kamu bisa baca hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis komentar, yaitu :

1. Relevan

Hal utama untuk mengomentari blog atau tulisan dalam blog, adalah Relevan. Maksud dari Relevan adalah komentar yang ditulis berhubungan dengan tulisan atau artikel yang dikomentari.

Contohnya : Misalkan kamu berkunjung mengunjungi sebuah blog untuk mebaca artikel yang berjudul Mengomentari Blog yang Baik dan Benar. Dan kamu menulis komentar “Admin bagaiaman caranya menggunakan SEO ?”. Kan tidak nyambung.

Dan komentar yang relevan contohnya ” Admin bagaimana caranya menggunakan tekhnik SEO di Komentar ?”. Kan jadi nyambung. Jadi Relevan deh.

2. Bahasa Tulisan

Gunakan bahasa yang baik, sangat direkomendasikan menggunakan bahasa baku. Seperti yang sudah diketahui bahwa mesin pencarian akan mendeteksi setiap kata yang ada dalam blog. Oleh karena itu jika menggunakan kata baku, mesin pencarian lebih mudah membaca dan mengidentifikasi blog sehingga akan memperkaya jumah bahasa yang digunakan dalam blog.

3. Bentuk Komentar

Kita sudah membahas mengenai Komentar Baik dan Komentar Buruk (Spam). Oleh karena itu saat memberi komentar gunakan komentar yang baik. Karena bentuk komentar yang buruk  biasanya tidak akan di tampilkan di blog, karena di hapus oleh pemilik blog atau juga bisa di anggap sebagai Spam oleh sistem secara otomatis.

Please follow and like us:
0

Satu gagasan untuk “Mengomentari Blog Dengan Cara Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *