Membuat Artikel Berkualitas yang Berpotensi Mendapatkan Peringkat 1 di Google

Artikel yang berkualitas akan mendatangkan banyak pengujung karena artikel akan berada di posisi 1 di mesin pencarian.

Pada saat ini minat untuk menulis bertumbuh dengan sangat pesat di seluruh dunia. Meskipun implementasinya berbeda-beda. Ada yang menulis di sosial media dan ada juga yang menggunakan website.

Berbeda dengan sosial media, menulis di website telah menjadi hobi baru di era moderen saat ini. Terlihat dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan pembuatan situs online secara gratis. Hal ini menyebabkan semua orang bisa menjadi seorang penulis online.

Tetapi semakin banyak penulis maka semakin ketat persaingan. Dimana hanya terdapat beberapa tempat untuk memasarkan hasil karya tulisan.

Google adalah salah satunya, tempat semua artikel dari penulis online di kumpulkan. Dimana ketika ada pengguna yang menuliskan kata kunci di kotak mesin pencarian google, maka artikel yang paling relevan akan di tampilkan.

Tapi untuk bisa menarik banyak pembaca, artikel yang dibuat haruslah tampil di area depan penelusuran. Untuk bisa berada di halaman pertama, maka artikel diharuskan berkualitas.

Cara Menulis Artikel yang Memiliki Kualitas Tinggi

Semua orang didunia ini pasti bisa menulis dan menjadi penulis. Tetapi tidak semua orang memiliki kualitas tulisan yang bagus. Hal ini yang membedakan dari penulis profesional dan penulis pemula.

Meskipun membuat tulisan yang berkualitas itu susah, tetapi bukan berarti pemula tidak bisa membuatnya. Siapapun bisa membuatnya jika sudah mengetahui caranya.

1. Memilih Materi Untuk Dijadikan Artikel

Hal penting yang pertama adalah memilih materi yang akan di tulis. Sangat penting untuk memilih materi yang dibutuhkan oleh pembaca. Karena apalah gunanya artikel yang berkualitas jika tidak ada yang membacanya.

Tetapi mencari materi terkadang terasa cukup susah, bukan karena tidak ada pilihan tetapi karena terlalu banyak pilihan jadi bingung untuk memutuskannya.

Untuk memilih materi yang menarik juga dibutuhkan cara-cara yang kreatif untuk mendapatkan ide yang berkualitas.  Bisa dari meniru materi orang lain, sampai dengan ide-ida yang datang dari blogwalking.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari materi tulisan.

  1. Melakukan Blogwalking
  2. Ikut Kedalam Grup atau Forum
  3. Membuat Kerangka Konten
  4. Judul yang Dimodifikasi

Untuk lebih lengkapnya pernah ditulis dalam artikel yang berjudul Kehabisan Ide Menulis Artikel Blog Temukan Solusinya.

2. Melakukan Riset Keyword

Banyak diluar sana yang menjelaskan tentang melakukan riset kata kunci. Tetapi bayak juga yang masih belum mengerti inti dari penjelasan yang diberikan. Kapan dan bagaimana cara melakukan riset kata kunci yang biasanya masih dipusingkan para pemula.

Banyak yang beranggapan melakukan riset kata kunci itu hanya sekedar mencari informasi mengenai tingkah laku dari pengguna internet. Memilih secara acak untuk melihat informasi tentang kata kunci yang sering dan banyak digunakan.

Tapi sebenarnya penggunaan yang tepat bukanlah seperti itu. Yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih materi yang akan ditulis.

Barulah kemudian riset kata kunci dilakukan, dan sekaligus melakukan analisis pesaing.

Misalnya untuk materi Belajar SEO, itu adalah kata kunci utama di dalam judul. Tetapi pada saat ini, mesin pencarian lebih mengedepankan relevansi.

Jadi judul yang paling mirip dengan kata kunci yang digunakan pengunjung akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tampil di area depan.

Contohnya ada 3 judul dengan kata kunci utama yaitu Belajar SEO.

  1. Belajar SEO untuk Pemula
  2. Belajar SEO yang Benar
  3. Belajar SEO dengan Praktis

Jika pengguna menulis kata kunci Belajar SEO untuk Pemula maka judul yang nomor 1 memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tampil di halaman depan.

Begitu juga bila jika pengguna menulis kata kunci dengan judul artikel nomor 2 dan 3.

Tetapi jika pengguna hanya menuliskan kata kunci Belajar SEO maka artikel yang paling SEO lah yang berkemungkinan tampil di area depan halaman penelusuran.

Untuk mempelajari riset kata kunci lebih detail bisa membaca artikel sebelumnya dengan judul Cara Melakukan Riset Keyword yang Tepat Untuk Artikel

3. Analisis Pesaing

Selain melakukan riset kata kunci untuk mengetahui prilaku pengguna mesin pencarian.

Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu melakukan analisis pada pesaing.

Misalnya jika ada banyak artikel yang menggunakan judul Belajar SEO untuk Pemula, maka akan lebih susah untuk mendapatkan posisi lebih baik.

Itu karena persaingan yang ketat, oleh karena itu pilihlan judul artikel yang banyak digunakan di mesin pencarian tetapi memiliki sedikit saingan.

Pelajari lebih lanjut dalam artikel lainnya yang berjudul Melakukan Analisis Pesaing Untuk Medapatkan Posisi Artikel yang Lebih Baik

4. Menentukan Judul Artikel yang Unik dan Menarik

Setelah menentukan kata kunci yang tepat untuk materi tulisan, selanjutnya adalah membuat judul yang unik dan menarik.

Judul termasuk kedalam salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar pada penempatan posisi artikel di mesin pencarian. Oleh karena itu sangat penting membuat judul yang SEO Friendly dan Human Friendly.

Untuk membuat judul yang unik dan menarik diperlukan sebuah formula untuk membuatnya. Untuk itu perhatikan 3 hal utama dalam membuat judul.

  1. Kata Kunci
  2. Kata Penjelas
  3. Kata Pelengkap

Judul artikel sangatlah penting sehingga saya bahkan membuat artikel khusus untuk membuat judul.

Untuk membuat judul yang unik dan menarik bisa dipelajari pada artikel lainnya yang berjudul Membuat Judul Artikel yang Unik dan Menarik.

5. Hal Penting Untuk Penulisan Artikel Berkualitas Tinggi

Di dalam dunia blogging, dikenal 2 jenis teknik penulisan artikel.

  • Menulis dengan teknik SEO Friendly
  • Menulis dengan teknik Human Friendly

Beda jenis beda keunggulan. SEO friendly memiliki keuntungan yang lebih untuk bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian.

Sedangkan Human Friendly lebih mengutamakan pengalaman yang baik untuk pembaca.

Meskipun menggabungkan keduanya tergolong susah. Tapi itu adalah syarat untuk bisa menghasilkan artikel yang berkualitas.

Mengkombinasikan SEO Friendly dan Human Friendly

Teknik penulisan SEO Friendly dan Human Friendly seperti air dan minyak yang susah disatukan. Tetapi bukan berarti tidak bisa digabungkan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Bahkan dalam makanan saja air dan minyak bisa menghasilkan sesuatu yang enak. Begitu juga Teknik SEO Friendly dan Human Friendly jika digabungkan dengan cara yang benar akan menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Hal-hal yang Diperhatikan Dalam Menggabungkan Teknik Penulisan SEO Friendly dan Human Friendly yaitu :

1. Letakkan kata kunci pada judul artikel

Ada yang bilang bahwa artikel adalah raja, tetapi menurutku judul adalah rajanya. Karena hal yang dilihat pertama kali oleh manusia ataupun mesin pencarian adalah judul.

Karena isi artikel itu sebenarnya cukup susah untuk diberi penilaian. Untuk mengatasi itu maka mesin pencarian menggunakan 2 faktor utama yang benar-benar berpengaruh pada peringkat.

  • Kata kunci yang tertarget. Yaitu judul yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan kata kunci yang digunakan pada mesin pencarian.
  • Popularitas artikel. Yaitu loyalitas pengujung yang sering berkunjung melalui sumber organik yang bisa meningkatkan peringkat dengan cepat.

2. Gunakan struktur tulisan pada artikel

Bahkan dalam bahasa indonesia terdapat tata cara penulisan yang benar dan baik. Begitu juga dengan cara penulisan artikel yang baik dan benar sesuai dengan kaidah mesin pencarian.

Hal ini telah diberitahukan oleh Google untuk para webmaster agar menulis dengan menggunakan Tanda H1-H6.

  • Penggunaan H1

Pada saat ini rata-rata templates yang disediakan telah dimodifikasi secara otomatis menggunakan H1 pada judul artikel.

Jadi pada saat ini penggunaan H1 sudah tidak terlalu dibutuhkan kecuali pada kasus tertentu.

  • Penggunaan H2

Tanda H2 adalah sub bab dari judul utama. Berfungsi untuk membagi materi menjadi judul-judul yang lebih spesifik.

Hal ini termasuk penting karena masih termasuk faktor yang cukup penting untuk menaruh kata kunci.

  • Pengunaan H3-H6

Fungsinya sedikit sama dengan H2 yaitu sebagai sub bab dari judul utamanya. Tetapi biasanya tanda ini hanya dipakai hanya sampai dengan H4.

Tetapi dalam beberapa kasus bisa juga digunakan sampai H6.

3. Tulis artikel dengan paragraf

Sangat sering saya jumpai artikel yang ditulis tanpa paragraf. Hanya menggunakan satu kalimat lalu kemudian diberi jarak untuk kalimat baru.

Hal ini tidak salah dan cukup baik karena beralasan agar pembaca tidak lelah membaca tulisan yang terlihat panjang-panjang. Tetapi sebenarnya yang lebih baik adalah menulis dengan paragraf.

Karena sebenarnya menggunakan paragraf itu memiliki arti yang sangat penting. Karena setiap paragraf itu mengandung kalimat utama dan sisanya sebagai kalimat penjelas.

Jadi penulisan yang baik itu memiliki pembahasan yang terfokus pada tiap paragrafnya.

Tetapi ada yang bilang menggunakan paragraf itu membuat mata pembaca menjadi lelah. Hal itu bisa di atasi dengan mengganti secara keseluruhan front atau jenis tulisan, jarak antara baris dan lain-lain.

Mengganti secara tepat bahakan bisa membuat artikel terlihat lebih baik dan profesional daripada hanya menggunakan kalimat.

4. Buat artikel dengan minimal 300 kata

Banyak yang mengatakan jika artikel yang baik adalah artikel yang memiliki minimal 2500 kata. Tetapi sebenarnya hal itu sangat salah untuk dijadikan panduan.

Sebenarnya tidak ada batasan mau menulis artikel bahkan sampai lebih dari 10.000 kata. Bahkan dengan bayaknya kata dalam artikel juga tidak bisa memastikan bisa mendapatkan posisi yang baik di mesin pencarian.

Sehingga artikel yang baik adalah yang memiliki minimal 300 kata.

Jika artikel memiliki jumlah kata yang banyak solusinya yaitu pada sub babnya bisa di pisah menjadi artikel tersendiri. Kemudian dihubungkan dengan tautan internal.

5. Tambahkan Gambar

Gambar adalah unsur yang sangat penting untuk mesin pencarian.

Penting juga bagi pembaca yang berguna sebagai data-data grafis, ilustrasi atau bisa juga hanya sekedar memperindah artikel.

6. Tambahkan internal link

Internal link merupakan juga bagian dari struktur website.

Yaitu dimana internal link berusaha untuk saling menghubungkan satu artikel ke artikel lainnya.

Fungsi dan manfaatnya pun sangat banyak. Bisa memperkecil Bound Rate, menambah pengunjung dan baik untuk optimasi SEO.

7. Tambahkan outbound link

Setiap artikel membutuhkan sumber inspirasi atau data-data untuk membuatnya. Hal yang tepat untuk menambahkan referensi itu menjadi outbound link atau link keluar.

Jika web yang dijadikan refrensi memiliki reputasi yang baik maka boleh atau lebih baik menggunakan dofollow. Tetapi yang harus di ingat ketika ingin menaruh link keluar dalam artikel yaitu menggunakan shortlink dari google.

Meskipun web refrensi itu sangat baik tetapi tetap di anjurkan menggunakan pemendek dari google.

Cara menggunakan pemendek url dari google ini  juga cukup mudah sehingga tidak merepotkan.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *