Kelebihan dan Kekurangan Niche Blogging

Sedikit menjelaskan tentang apa keunggulan dan kelemahan dari niche blogging

Niche blogging adalah weblog yang membahas mengenai aktifitas ngeblog. Ada banyak materi yang bisa digunakan sebagai bahan tulisan niche blogging. Mulai dari berita tentang perubahan dan perkembangan teknik optimasi. Penelitian dan percobaan teknik blogging yang baik. Sampai berbagi pengalaman suka dan duka ketika ngeblog.

Niche blogging termasuk kedalam niche populer yang banyak digunakan oleh blogger. Ada alasan kenapa niche blogging populer dan banyak dipilih menjadi tema weblog. Dan itu akan dijelaskan dalam kelebihan dan kekurangan niche blogging.

Kelebihan Niche blogging

Niche blogging sebagai tema yang banyak digunakan blogger itu bukan tanpa sebab. Itu karena terdapat cukup banyak keuntungan yang bisa di dapat dengan menggunakan niche blogging.

1. Belajar SEO lebih mudah

Ketika kamu memiliki sebuah blog, maka menjadi hal yang penting untuk kamu mempelajari SEO. Karena SEO tidak hanya membahas mengenai cara mendapatkan keuntungan dalam bentuk peringkat yang baik di mesin pencarian. Tetapi SEO juga membahas mengenai tata cara penulisan yang baik dan benar.

Hal ini tentunya akan berdampak baik untuk sistem komputerisasi yang membaca isi dari blog kamu, tentunya juga akan berdampak baik pada pengunjung sebagai pembaca artikel-artikel yang telah kamu tulis dengan baik.

2. Target pengunjung jelas

Memiliki sebuah blog sama layaknya seperti memiliki sebuah toko, dimana blog hanya menawarkan artikel-artikel yang dibuat oleh penulis. Oleh karena itu untuk bisa mendapatkan pengunjung secara pasti maka diperlukan untuk melakukan dan memilih target pengunjung.

Contohnya saja niche blogging yang memiliki target pengunjung yang jelas, yaitu para blogger yang biasa melakukan blogwalking ataupun senang membaca artikel dan belajar dari blog niche blogging lainnya. Hal ini jelas menjadi keuntungan karena setiap blog memiliki caranya masing-masing dalam menerapkan teknik SEO nya sehingga blog bisa menjadi berbeda dengan blog lainnya, dengan kata lain setiap blog mempunyai ciri khas yang tidak bisa ditemukan pada blog lainnya.

 

3. Sering terjadi komunikasi antara penulis dan pembaca

Ketika menulis sebuah artikel tentang dunia blogging, maka terkadang ada beberapa penjelasan yang dijelaskan itu berasal dari pengalaman individu penulisnya. Hal ini terkadang membuat pengunjung ketika membaca suatu artikel mendapatkan beberapa masalah karena tidak mengerti arti dan makna dari isi artikel. Itu disebabkan penjelasan hanya dari pengalaman penulis sedangkan penunjung tidak pernah mengalaminya sehingga terkadang cukup susah untuk membayangkannya.

Ini menimbulkan pertanyaan bagi pembaca tentang apa maksud dan inti dari sebuah artikel. Bentuk nyata dari pertanyaan itu biasanya tertuang dalam kolom komentar yang biasanya disediakan pada setiap postingan artikel.

Dampak baiknya dari terjadinya komentar di sebuah artikel itu sangat terasa untuk penulis maupun pembaca. Karena didalam kolom komentar akan terjadi sebuah diskusi yang akan lebih menambah informasi untuk artikel sehingga bisa menjadi tambahan materi untuk dijadikan sumber pembelajaran untuk pembaca.

Dampak positif untuk penulis juga sangat terasa, dimana penulis akan sangat merasa jenuh karena selalu menulis artikel. Sehingga membaca ckomentar di kolom komentar itu telah menjadi hiburan tersendiri untuk mengatasi rasa jenuh dan stres uuntuk penulis.

 

Kekurangan Niche Blogging

Meskipun niche blogging adalah salah satu yang populer dan banyak digunakan, tetapi ternyata juga terdapat hal yang tidak enaknya jika memilih niche blogging.

1. Persaingan yang sangat ketat

Memilihi niche blogging menurut saya adalah pilihan yang cukup berani. Kenapa saya mengatakan hal itu, dikarenakan untuk mengelola sebuah niche blogging kita diharuskan untuk menguasai ilmu SEO. Diaman jika kita gagal dalam bersaing dengan blog lainnya yang juga memiliki niche blogging, maka pengunjung akan lebih percaya kepada blog orang lain untuk mencari ilmu.

 

2. Diperlukan pengalaman dalam menulis artikel

Artiekl blogging yang baik adalah artikel yang ditulis tanpa ada kebohongan di dalamannya. Dengan arti lain apabila kita menulis sebuah artikel tentang tata cara dan teknik-teknik SEO, ada baikknya kita sudah pernah mencoba cara itu yang kemudian barulah kita membagikan cara tersebut kepada orang lain.

Menulis artikel blogging juga biasanya memerlukan data-data dan statisting sebagai pelengkap untuk menambah kepercayaan pengunjung dengan keaslian dan kebenaran artikel tesebut, jadi untuk menulis sebuah artikel yang penting dan bagus terkadang sangat sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

3. Tingkat pengunjung tidak terlalu tinggi

Sudah selayaknya tingkat pengunjung daring niche blogging itu rendah, karena target sasaran pengunjung dari niche blogging itu terbatas pada orang-orang yang memiliki blog saja. Ditambah dengan banyaknyablog yang beraliran niche blogging sehingga target sasaran pengunjung yang sedikit itu akan lebih terbagi-bagi atau terpencar-pencar kepada setiap blog niche lainnya.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *