Apa Itu Jenis SEO on Page dan SEO off Page

faktor dari seo on page dan seo off pageSecara umum SEO diketahui terdapat pengelompokan SEO, yaitu Jenis SEO on Page dan SEO off Page. Jenis SEO ini merupakan hal yang penting sebagai dasar dari teknik optimasi website.

Sebenarnya apakah mempelajari SEO itu penting untuk blog ? Iya, itu penting. Tetapi ada banyak orang yang menyalah artikan tentang bagaimana Belajar SEO.

Apa yang akan kamu lakukan saat ingin meningkatkan pengunjung website ? Atau meningkatkan ranking website di mesin pencarian ? Pasti kamu akan searching dan mencari caranya di internet.

Percayalah yang melakukan hal itu bukan hanya kamu, bahkan hampir semua blogger akan melakukan hal yang sama.

Kalau semua melakukan hal yang sama, jadi siapa yang akan unggul ?

Hanya karena memiliki tujuan membuat artikel menjadi page one, jalan pintas pun dipilih sebagai solusinya.

Beranggapan dan bahkan percaya pada sebuah artikel yang akan membuatmu menjadi seorang Ahli SEO.

Mungkin kamu percaya dengan tulisan atau artikel itu karena berada di page one dan menduduki ranking satu. Itu sudah menjadi bukti bahwa dia adalah seorang yang mengerti Teknik SEO.

Tapi ingatlah jika memang benar semua pengetahuannya sudah di tuangkan kedalam tulisan, bagaimana mungkin dia masih berada di posisi puncak di mesin pencarian.

Itu karena SEO adalah ilmu yang tidak pasti. Karena setiap blogger memiliki caranya sendiri untuk membuat ramuan SEO. Dan ramuan itu bukanlah hal yang harganya murah untuk bisa dibagikan secara gratis.

Pada dasarnya artikel ini saya buat untuk membantu pembaca memahami istilah tentang Jenis SEO. Dan sedikit ramuan SEO yang saya gunakan, bukan untuk di tiru tapi sebagai bahan untuk dimodifikasi.

Jenis SEO Yang Harus Diketahui Untuk Memaksimalkan Kinerja SEO

Pada umumnya cara mengoptimasi blog dibedakan menjadi 2 Jenis atau Macam SEO.

  • SEO on Page (optimasi dari dalam blog)
  • SEO off Page (optimasi dari luar blog)

Keduanya memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat SEO yang berkualitas.

Meskipun keduanya sangat penting, tetapi salah satunya yaitu SEO on Page harus lebih di utamakan.

Mengapa jenis SEO On Page harus di utamakan dari pada jenis SEO Off Page ? Itu karena On Page adalah dasar atau inti dari Optimasi.

Sedangkat Off Page (diluar website) adalah teknik optimasi yang mengarahkan untuk menuju On Page (kedalam website).

Apa itu SEO on Page (optimasi dari dalam website)

Teknik optimasi yang dilakukan hanya berada dalam ruang lingkup website.

Ada banyak Faktor SEO on Page yang sangat menentukan kualitas website dan salah satunya adalah konten.

Konten adalah suatu informasi yang disediakan oleh penulis dalam bentuk artikel yang di publikasikan.

Ada banyak Faktor SEO on Page lainnya yang penting untuk diketahui dan dipelajari, yaitu :

1. Template (Tampilan website)

Menggunakan tampilan yang simple adalah yang terbaik. Tidak menggunakan tampilan yang berlebihan yang akan melelahkab mata saat melihatnya. Tapilan yang ringan yang tidak twrlalu menggunakan pengkodea yang berat adalah pilihan yang terbaik.Template juga sebaiknya dipilih dan disesuaikan dengan niche website, sehingga mesin pencarian dan pengunjung dapat dengan baik mengenali topik yang di bahas dalam website.

2. Script (Pengkodean)Ada banyak jenis kode dalam website. Mulai dari kode widget, kode meta dan lainnya. Semuanya mempengaruhibtampilab luar dan dalam website.Blogger dan WordPress adalah platfrom populer yang memiliki banyak sekali perbedaan pemakaiannya.

Untuk WordPress optimasi dilakukan bisa dengan bantuan Plugin, tetapi berbeda dengan Blogger yang menggunakan script atau kode tertentu yang membantunya untuk mengoptimalkan SEO Blogger.

3. URL/Alamat Website

Apa yang spesial dari URL/Alamat Website ? Istimewanya adalah Keyword.

Ada banyak blogger yang berpendapat keyword pada URL memiliki pengaruh yang cukup besar untuk SEO, tetapi ada juga yang beranggapan bahwa keyword pada URL tidak memiliki pengaruh pada mesin pencarian.

Tetapi sebenarnya keyword tetaplah kata kunci yang memiliki pengaruh besar pada optimasi blog.

Meskipun begitu ada dua (2) keputusan yang biasanya menjadi pertimbangan dalam menentukan URL Blog.

Memilih menggunakan Brand sebagai URL Blog atau Kata Kunci sebagai URL Blog. Keputusan akhir memilih yang mana itu adalah hak pemilik blog.

4. Deskripsi Website

Apa itu deskripsi website ? Itu adalah keterangan tentang blog yang ditulis sebagai bentuk informasi kepada pengunjung.

Fungsi dari deskripsi blog itu sendiri adalah untuk memberikan gambaran mengenai blog sehingga pengunjung dapat mengetahui dengan pasti isi dan konten yang ada dalam blog.

Tapi hubungannya apa dengan SEO ? Itu adalah keyword.

5. Judul Artikel

Judul artikel menjadi tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian.

Judul merupakan bagian yang berperan penting yang mengubungkan pengunjung ke website melalui kotak mesin pencarian.

Karena pengunjung ataupun mesin pencarian pasti melihat judul artikel pertama kali barulah kemudian isi di dalamnya.

Tetapi selain judul artikel, isi tulisan juga perkara yang sangat penting.

6. Deskripsi Artikel

Deskirpsi artikel hampir sama dengan fungsi deskripsi website. Bedanya adalah deskripsi website adalah potongan informasi mengenai website, tetapi deskripsi artikel adalah clue yang diberikan kepada pengunjung sebagai potongan informasi tentang artikel.

7. URL Artikel (slug)

URL artikel adalah faktor penting untuk menentukan kata kunci pada artikel. URL artikel sama pentingnya dengan Judul artikel untuk penentuan kata kunci di kotak mesin pencarian.

8. Konten (isi artikel)

Perbanyak kosa kata dan memperkaya kata kunci dalam artikel adalah kunci SEO.

Tetapi harus di ingat, konten yang SEO adalah konten yang memiliki relevansi dengan judul artikel dan tema website.

9. Headling Tag (H1 – H6)

Dalam bahasa indonesia ada tata cara penulisan yang baik dan benar. Begitu pula penulisan artikel yang harus dilakukan dengan tata cara yang sudah di tentukan oleh google.

Cara itu dengan menggunakan tanda judul dan sub judul. Sehingga tulisam menjadi lebih terstruktur dan nyaman untuk dibaca.

10. Gambar

Apa hubungannya gambar dengan SEO ? Sebenarnya gambar dalam artikel berguna sebagai pelengkap dan penjelas informasi. Karena sebagian besar orang lebih mengerti informasi yang dilengkapi gambar daripada hanya sekedar tulisan.

Tetapi masalahnya robot atau mesin pencarian tidak bisa memproses dan mendeskripsikan dengan akurat informasi yang terkandung dalam gambar.

Akhirnya banyak website yang menggubakan gambar-gambar yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan topik artikelnya.

Untuk bisa mendeskripsikan arti dari gambar, akhirnya mesin pencarian membaca keterangan yang ada dari gambr seperti judul gambar dan alt text dari gambar. Meskipun hal ini belum menjadi solusi dari penyalah gunaan gambar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Jadi gambar bukan hanya sekedar gambar, tetapi juga bisa menjadi tempat untuk menambah kosa kata dan memperkaya kata kunci.
Tetapi tetap saja banyak gambar dipasang tapi tidak relevan, karena robot tidak bisa membedakan maka dicurangilah dengan Judul gambar dan Alt text yang relevan.

Tetapi sebagai seorang penulis, lakukanlah semuanya dengan sebaik mungkin. Karena yang baik pasti memiliki pengaruh yang baik pula.

11. Kecepatan membuka website

Apalah gunanya website yang memiliki konten yang berkualitas jika saat pengunjung membuka halaman website terasa sangat berat sehingga waktu tunggunya lama. Bahkan sebelum website terbuka pengunjung sudah pergi duluan.

12. Tautan tulisan

Yang dimaksud disini adalah link dari suatu artikel di dalam website di arahkan ke artikel lainnya yang masih dalam website yang sama.
Hal ini dianggap penting oleh mesin pencarian dan juga pengunjung. Dengan adanya tautan tulisan berdampak baik untuk pengunjung untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap, sehingga pengunjung merasa puas. Untuk mesin pencarian, kepuasaan pengunjung adalah yang utama.

Apa itu SEO off Page (optimasi dari luar website)

Teknik Optimasi SEO yang berasal dari luar website yang bertujuan mengarahkannya kedalam website.

Dengan tujuan meningkatkan trafic (pengunjung) bahkan menaikkan ranking website di mesin pencarian maka jenis SEO off Page juga perlu di perhatikan.

Teknik ini berusaha untuk membangun suatu jaringan SEO yang saling terhubung dengan sebuah website yang menjadi pusatnya.

Ada banyak faktor dari jenis SEO off Page diantaranya yaitu.

1. Backlink

Apa itu backlink ? Secara sederhana backlink bisa diartikan sebagai sambungan atau hubungan antara sumber ke sumber lainnya yang di atur agar mengarah ke sebuah website.

Dari backlink mesin pencarian bisa mengelompokkan antara website yang populer dan website yang tidak diminati.

Semakin banyak backlink yang mengarah pada website tertentu maka wesite itu akan di kategorikan sebagai populer website. Dan website yang populer akan lebih diutamakan mesin pencarian karena di anggap sebagai website yang memiliki konten yang berkualiatas.

2. Promosi

Selain dari backlink, menambah kepopuleran website bisa juga dengan cara meningkatkan penguningkatkan dengan promosi.

Intinya semakin banyak pengunjung semakin tinggi trafik blog, sehingga mesin pencarian akan lebih mengutamakan blog yang ramai pengunjung.

Untuk mempromosikan blog agar mendapatkan banyak pengunjung terdapat banyak cara. Bisa dengan cara membagikan tautan ke media sosial bahkan sampai menggunakan jasa periklanan.

Tetapi ingat, membagikan tautan ke media sosial juga ada aturannya. Salah sedikit maka ada kemungkinan mendapatkan pinalti dari mesin pencarian. Dalam kasus terburuk website kamu akan di hapus dari index mesin pencarian.

Please follow and like us:
0

2 gagasan untuk “Apa Itu Jenis SEO on Page dan SEO off Page

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *