Apakah Google Analytics Mempengaruhi Peringkat Goolge Penelusuran

Google analytics menjadi sangat berpengaruh jika dilihat dari sudut pandang fungsi dan pengaruh serta penilaian kualitas website.

Seperti yang kita ketahui, Google adalah situs pencarian terbesar di dunia. Kita mengetahui bahwa google menggunakan algoritma yang banyak sekali faktor penentu untuk penempatan peringkat di mesin pencarian google. Faktor yang digunakan google untuk menentukan posisi artikel di mesin pencarian adalah sebuah rahasia yang besar.

Google benar-benar hebat dalam hal merahasiakannya. Hal ini menyebabkan banyak sekali orang-orang yang berusaha untuk membokar rahasia itu. Termasuk orang-orang yang memiliki berbagai macam asumsi. Berusaha menghubungkannya menjadi faktor yang menentukan peringkat artikel di mesin pencarian.

Salah satunya adalah Google Analytics. Ada banyak orang beranggapan kalau Google Analytics memiliki pengaruh terhadap peringkat di mesin pencarian. Tetapi juga ada banyak orang yang membantah hal tersebut.

Sebagai seorang yang ikut berpartisipasi untuk menganalisa sistem algoritma google. Ada baiknya kita mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Apakah percaya dengan pendapat tersebut atau ikut membantah pendapat itu.

Benarkah Google Analytics Berpengaruh Pada Peringkat Mesin Pencarian Google ?

Berdasarkan pertanyaan di atas, sebenarnya terdapat 2 maksud pertanyaan di dalamnya.

  1. Apakah menggunakan Google Analytics mempengaruhi peringkat di mesin pencarian ?
  2. Apakah data dalam Google Analytics mempengaruhi peringkat di mesin pencarian ?

Kedua maksud pertanyaan di atas tampak serupa, tetapi sebenarnya memiliki jawaban yang sangat berbeda.

Pertama kita akan membahas maksud pertanyaan nomor 1.

Apakah menggunakan Google Analytics mempengaruhi peringkat di mesin pencarian ?

Pada awalnya anggapan bahwa menggunakan Google Analytics bisa menaikan posisi artikel di mesin pencarian timbul karena berbagai alasan.

Pertama adalah karena Google membutuhkan banyak sekali data untuk memberikan artikel peringkat di penelusuran. Hal ini membuat orang-orang memiliki asumsi-asumsi abstrak. Ada yang beranggapan Google mengambil data dari Google Analytics. Itu adalah teori yang cukup masuk di akal, kalau google membutuhkan banyak data dan data telah tersedia di Google Analytics.

Tetapi tidak semua orang bisa menerima teori itu yang hanya berlandaskan kira-kira. Buktinya di luar sana ada banyak website yang tidak menggunakan Google Analytics. Karena selain Google Analytics, ada banyak Situs Web Analytics Untuk Mengetahui Statistik Website yang banyak digunakan blogger.

Selain itu Matt Cutts pernah mengatakan jika kamu menggunakan Google Analytics ataupun tidak, itu tidak akan mempengaruhi peringkat penelusuran. Jadi, menggunakan ataupun tidak menggunakan Google Analytics sama sekali tidak mempengaruhi posisi di Google Penelusuran.

Tetapi bagaimana dengan maksud pertanyaan yang ke 2.

Apakah data dalam Google Analytics mempengaruhi peringkat di mesin pencarian ?

Sebenarnya pertanyaan di atas masih bisa membuat orang salah paham, yang bisa menyebabkan perdebatan yang salah pembahasan. Terkadang orang-orang mendefinisikan sebuah pertanyaan dengan sudut padang yang berbeda.

Perbedaan sudut pandang ini, akan selalu menghasilkan jawaban dan kesimpulan yang berbeda. Bahkan menimbulkan pihak pro dan kontra. Oleh sebab pertanyaan di atas bisa di simpulkan dari 2 sudut pandang.

  1. Data dalam Google Analytics berpengaruh pada peringkat di Google Penelusuran.
  2. Data dalam Google Analytics merupakan faktor penempatan posisi di Google Penelusuran.

Mungkin terdapat sudut pandang lainya, tetapi akan di bahas satu per satu.

Data dalam Google Analytics berpengaruh pada peringkat di Google Penelusuran

Maksud dari pernyataan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pertanyaan awal. Tapi bedanya adalah bukan hanya sekedar mendaftar, tetapi mereka percaya data yang tersedia di dalam Google Analytics bisa mempengaruhi peringkat website.

Dalam Google Analytics tersedia banyak sekali data, dan semua data bisa saling terhubung. Contohnya saja yang paling populer adalah data tentang Bounce Rate, yang bisa saja di gunakan sebagai faktor peringkat.

Meskipun banyak yang beranggapan data itu sama sekali tidak berguna untuk google. Hanya disajikan untuk blogger agar bisa mengetahui mengenai websitenya lebih baik. Tetapi pendapat pesimis seperti itu hanya menutup kemungkinan untuk mengetahui kebenaran.

Banyak sekali master SEO di luar sana, tetapi tetap saja tidak ada yang bisa memberikan fakta. Algoritma Google masih tetap sebuah rahasia, tidak ada salahnya untuk ikut menganalisa dengan sesuatu yang berbeda.

Bounce Rate di dalam Google Analytics merupakan data yang memberikan informasi tentang persentase sekali kunjungan yang hanya membuka satu halaman. Banyak orang yang mengatakan Bounce Rate yang tinggi akan buruk untuk website. Tetapi itu tidak sepenuhnya benar.

Google mengatakan baik atau buruknya Bounce Rate itu tergantung dari website itu sendiri. Dari pernyataan Google saja sudah terdapat indikasi “Baik” dan “Buruk”. Ini mengacu kepada kualitas website atau artikel.

Dimana dalam blog Matt Cutts dikatakankalau dasar dari mesin pencarian yaitu kelengkapan, relevansi, kecepatan, dan pengalaman pengguna.

Dasar mesin pencarian itu mengacu pada halaman website atau artikel. Bagaimana kelengkapan isi artikel, relevansi isi informasi, waktu tunggu halaman terbuka, tingkah laku dari pengalaman pengguna.

Mekipun tidak sempurna tetapi hanya dari data Google Analytics, kualitas artikel juga bisa di nilai. Misalnya saja dari Bounce Rate yang tinggi atau rendah itu baik. Bagaimana google bisa memberi nilai yang baik ? Dengan menggunakan sumber data pada Analytics lainnya, yaitu waktu rata-rata kunjungan.

Jadi website yang memiliki niche yang menyediakan sumber-sumber informasi yang saling memiliki keterkaitan antara satu artikel ke artikel lainnya maka memiliki bound rate yang rendah adalah suatu hal yang baik. Sebaliknya jika website memiliki niche berupa tutorial yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca maka memiliki bound rate yang tinggi merupakan hal yang baik.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *