Bagaimana Cara Membuat Blog Untuk Pemula

 

Bagaimana Cara Membuat Blog

Cara membuat Blog sudah banyak yang membuat artikelnya tetapi untuk pemula perlu saran dan rekomendasi yang baik dan benar.

Dalam dunia internet bagi sebagian orang memiliki sebuah blog adalah hal yang sangat berharga. Pasalnya dengan memiliki sebuah blog ada banyak manfaat yang bisa didapat. Mulai dari bertambahnya teman, bertambahnya pengetahuan, dan mendapatkan pengalaman baru, bahkan bisa juga mendapatkan uang. Blog juga dapat melatih keterampilan karya tulis dan sebagai ajang uji keterampilan dengan kompetitor dari blog lainnya.

Oleh karena itu membuat sebuah blog bukanlah hal yang merugikan, meskipun waktu kalian akan banyak digunakan berada di depan leptop atau PC. Tetapi saat kalian menulis sebuah artikel dan mencari refrensi dengan blogwalking kalian akan mendapatkan informasi baru dan menambah pengetahuan.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog gratis yang baik dan benar dengan saran dan langkah-langkah yang diperlukan dengan penjelasan yang cukup sederhana dan mudah untuk dimengerti bahkan untuk pemula. Apakah kalian siap untuk membuat blog ?

 

Apa Tujuan Kalian Membuat Blog ?

Ada banyak alasan seseorang tertarik untuk membuat blog. Dari sekian banyak tujuan  blog tetapi ada 3 tujuan yang sering membuat orang-orang untuk membuat blog, yaitu :

  1. Mendapatkan banyak uang dari internet

    Ada banyak cara mendapatkan banyak uang dari internet. Mulai dari menjual produk atau jasa online dan yang paling banyak dilakukan para bloger yaitu memasang iklan dari Google Adsense.

  2. Berbagi pengetahuan dan pengalaman

    Sebagian para bloger menjadi motivator yang menuangkan pengalaman dan pengetahuannya kedalam sebuah postingan dengan harapan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi pembaca.

  3. Hanya sekedar mencoba dan ikut-ikutan

    Banyak dari bloger pemula yang hanya sekedar mencoba dan ikut-ikutan membuat blog dan mulai tertarik dengan dunia bloger.

Mengapa menayakan tujuan kalian membuat blog?. Karena tujuan kalian membuat blog akan sangat membantu untuk menentukan niche atau topik yang tepat untuk blog kalian.

Apakah kalian memiliki tujuan yang sama seperti diatas untuk membuat blog atau kalian memiliki tujuan yang lain. Tetapi apapun alasannya membuat blog, saya akan dengan senang hati membantu kalian untuk membuat blog yang baik dan benar dengan 8 Langkah membuat blog.

 

8 Langkah Untuk Membuat Blog

  1. Tentukan apa yang ingin kalian tulis di blog
  2. Memilih platfrom/penyedia untuk blogging
  3. Memilih host untuk blog
  4. Memilih sebuah nama domain untuk blog
  5. Menginstal WordPress
  6. Mengatur Tema atau tampilan blog
  7. Menambahkan widget dan plugin kedalam blog
  8. Tulis dan posting sebuah artikel

 

Tentukan apa yang ingin kalian tulis di blog

Sebelum kalian membuat blog sangat penting untuk menentukan apa yang ingin kalian tulis di blog. Hal ini bertujuan agar kalian tidak merasa kesulitan untuk  mencari inspirasi dalam menulis sebuah artikel setelah membuat blog.

Untuk menentukan apa yang ingin ditulis kedalam blog, kalian bisa memilih niche atau topik yang ingin di bahas didalam blog.

Memilih niche blog sangatlah penting, karena dengan memilih niche yang tepat bisa mendeskripsikan blog sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari informasi di dalam blog kalian.

Memilih niche atau topik yang ingin di bahasa di dalam blog itu gampang-gampang susah. Gampang karena jenis niche untuk blog pilihannya sangatlah banyak, sehingga akan kesulitan untuk memilih salah satu niche yang cocok untuk kalian.

Dalam dunia blogging ada beberapa niche yang banyak digunakan para blogger, yaitu :

  1. Marketing / Pemasaran

    Niche ini biasanya dipilih untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Niche Marketing inilah yang baik digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa kalian sehingga bisa mendatangkan pembeli dalam jumlah yang banyak.

  2. Education / Pembelajaran

    Niche ini biasanya dipilih untuk memberikan informasi pembelajaran, pengalaman, motivasi, dan lain-lain. Niche yang satu ini banyak dipilih karena ada banyak sekali materi yang bisa digunakan untuk ditulis. Sehingga kalian tidak akan kesulitan untuk mencari inspirasi dalam menulis blog.

 

Tentukanlah niche kalian sebelum membuat blog sesuai dengan kriteria blog yang kalian inginkan.

 

Memilih platfrom/penyedia untuk blogging

Memilih platfrom adalah hal yang sangat penting untuk membuat blog. Maksud dari platfrom itu sendiri bisa dikatakan sebagai tempat atau sarana blogging. Setiap platfrom memiliki fitur-fitur tersendiri yang menjadikannya ciri khas dan keunggulan sehingga dapat menarik minat para blogger untuk menggunakan platfrom mereka.

Ada banyak platfrom atau penyedia blogging, tetapi hanya ada 3 platfrom yang banyak digunakan di internet, yaitu :

  1. Blogger

    Blogger adalah platfrom dari google. Ada banyak blog yang menggunakan platfrom dari google. Dikarenakan blogger memberikan kuasa penuh pneggunaan layanannya mulai dari mengedit template, layout, pengkodean untuk mengoptimalkan agar blog bisa masuk kedalam google pencarian.

  2. WordPress.com

    WordPress.com merupakan situs layanan blog yang didirikan oleh perusahaan Automattic. Penggunaan WordPress.com cukup mudah karena pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Kekurangan dari WordPress.com itu sendiri karena pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesoris apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur-fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

  3. WordPress.org

    WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di WordPress.org, kalian dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. Fitur-fitur yang tersedia hampir sama dengan wordpres.com tetapi yang paling membedakan antara keduanya yaitu WordPress.com menggunakan host atau server dari WordPress, tetapi WordPress.org menggunakan host atau server sendiri dari penyedia hosting atau server.

 

Untuk memulai blog yang baik dan terlihat profesional, sebaiknya kalian menggunakan platfrom dari WordPress.org karena selain bagus WordPress.org juga gratis.

 

Memilih host untuk blog

Memilih host untuk dijadikan server blog. Server ini hanya dibutuhkan jika kalian memilih platfrom dari WordPress.org. Karena jika kalian menggunakan Blogger dan WordPress.com, maka akan langsung terhubung dengan server dari platfrom Blogger atau WordPress.com.

Memilih host adalah langkah yang sangat penting untuk kualitas kecepatan menampilkan blog. Karena server yang baik akan sangat besar pengaruhnya pada kepuasan pengunjung blog. Contohnya apabila servernya jelek dan sering down sehingga saat pengunjung mendatangi blog loadingnya lama sebelum tampilan blog muncul.

Selain itu sebelum memilih host yang baik, sebaiknya di cari tahu dulu latar belakang penyedia host. Karena ada banyak kasus penyedia host memiliki standarisasi yang sangat buruk, mulai dari server yang mudah di hack sehingga blog tidak aman dari serangan hacker, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk para pemula yang ingin membuat blog dengan gratis tanpa biaya host tetapi ingin menggunakan platfrom WordPress.org. Saran saya kalian bisa menggunakan hosting dari http://hostinger.co.id yang latar belakangnya sangat baik.

 

Memilih sebuah nama domain untuk blog

Domain adalah alamat website atau blog. Untuk membuat blog, kalian diharuskan memiliki nama domain sebagai alamat yang akan mengantarkan pengunjung ke dalam blog.

Memilih nama alamat website atau blog sebaiknya berhubungan dengan niche atau tema dari blog. Atau bisa juga dengan menggunakan nama yang menjadikannya identitas blog.

Contohnya seiroshare.com yaitu Seiro sebagai nama atau identitas blog. Untuk memiliki domain kalian bisa memilih untuk menggunakan domain yang bayar atau domain yang gratis.

Tetapi pada intinya memilih alamat blog adalah pilihan kalian, mau alamat domainnya berhubungan dengan niche ataupun tidak itu sah sah saja.

Hanya saja jika alamatnya bagus dan simpel maka akan mudah di ingat oleh pengunjung sehingga akan ada kemungkinan pengunjung akan mengunjungi balik blog kalian.

 

Menginstal WordPress

Setelah membuat blog dari host gratis ataupun berbayar, kemudian langkah berikutnya yaitu menginstal WordPress. Dalam kebanyakan penyedia hosting menginstal wordpress tidak lah susah, kalian hanya membutuhkan 1 klik di fitur autoinstal.

Tetapi ada juga penyedia hosting yang mengharuskan kalian untuk mengupgrade atau membayar untuk bisa mendapatkan fitur 1 kilk instal wordpress.

Oleh karena itu jika kalian ingin membuat blog secara gratis, maka kalian harus mengistal wordpress secara manual dengan mendownloadnya di WordPress.org

 

Mengatur Tema atau tampilan blog

Mengatur tema atau tampilan blog sangat penting. Bayangkan jika kalian mengunjungi sebuah blog tetapi tampilannya sangat buruk bahkan menyakitkan mata, maka kalian akan menutup blog tersebut dengan cepat dan mendatangi blog yang lainnya.

Itulah sebabnya tema sangat penting karena yang memiliki blog tidak hanya kalian, dan jika kalian tidak memperhatikan tema maka pengunjung juga tidak akan senang.

Jadi pada intinya kalian harus membuat pengunjung itu senang sehingga mereka akan kembali ke blog kalian di lain waktu.

Menggunakan tema tidaklah sekedar memasang tetapi juga di pilih dengan baik. Selain memilih tema yang menarik, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih tema.

Hal-hal itu yaitu :

  1. Tema berhubungan dengan niche
    Dengan tema yang relevan dan berhubungan dengan niche maka blog akan terlihat lebih profesional.
  2. Loading tema terbuka cepat

    Terkadang karena tema yang di pakai terlalu berat, maka loadingnya akan membutuhkan waktu yang lama sebelum blog itu terbuka. Mungkin tidak masalah dengan pengunjung yang memiliki koneksi yang cepat, tetapi bagaimana dengan pengunjung yang koneksinya lambat.

 

Menambahkan widget dan plugin kedalam blog

Ini adalah langkah yang paling penting untuk menambah kepuasan pengunjung yaitu dengan menghiasi tampilan blog dengan widget ataupun menambahkan plugin sebagai alat bantu serba guna.

Ada beberapa widget yang disarankan untuk dipasang kedalam blog, yaitu populer post, pageview, Arsip Blog.

Untuk plugin disarankan menggunakan Jetpack dan Yoast SEO.

 

Tulis dan posting sebuah artikel

Bukan blog namanya jika tidak ada konten didalamnya. Oleh karena itu untuk menyempurnakan blog yang kalian buat, tulislah sebuah artikel yang berhubungan dengan niche yang kalian pilih sebelum membuat blog. Tulis artikel itu dengan semenarik mungkin, menggunakan gaya dan bahasa kalian sendiri sehingga akan menjadi ciri khas yang dimiliki blog kalian.

Untuk kalian yang sudah membuat blog, hindarilah mengcopy artikel milik orang lain, karena itu namanya plagiat dan plagiat itu tidaklah baik. Dari sisi moral sudah sangat jelas jika kalian melakukan plagiat berarti kalian memiliki sikap yang buruk, dan dari sisi hukum itu adalah tindakan yang ilegal dan akan mendapatkan hukuman. Dan hukuman yang diberikan jika kalian melakukan plagiat biasanya blog kalian akan di hapus dari sistem pencarian dari google, bing, dan lain-lain.

Tetapi jika kalian memang ingin mengcopy sebuah artikel karena merasa artikel itu benar-benar bagus atau layak untuk disebar luaskan, yang harus kalian lakukan adalah menghubungi atau mengkontak pemilik blog yang menulis artikel itu.

Biasanya setiap blog memiliki kontak yang bisa di hubungi, baik itu berupa email, atau berupa sosial media seperti facebook, twitter, dan lain-lain.

Kemudian mintalah izin dari pemilik blog itu untuk mencopy artikel yang telah dia tulis ke blog yang kalian punya. Mintalah dengan baik-baik, karena sebagian besar para blogger akan merasa senang jika tulisannya di hargai dan disebarluaskan.

Dan apabila kalian telah mendapatkan izin untuk mengcopy artikelnya, jangan lah lupa untuk mencantumkan sumber artikel yang kalian copy.

 

Terkadang setelah membuat blog masih belum tampil di google pencarian.
Baca : Kenapa Blog Tidak Muncul Di Google Search

Please follow and like us:
0

2 gagasan untuk “Bagaimana Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *